10 Manfaat Susu Kambing Murni, Baik untuk Pencernaan! - Kota Batu Jawa Timur

Anda mungkin pernah melihat olahan daging kambing di mana-mana. Namun, tahukah Anda bahwa, selain enak makanan susu yang dihasilkan mamalia ini juga tak kalah nikmat untuk diminum. Bukan hanya soal rasa, kandungan dan manfaat susu kambing murni bisa menjadi alternatif pengganti susu atau susu nabati lainnya.

 

Susu kambing memiliki konsentrasi protein, kalsium dan zat lain yang penting bagi tubuh lebih tinggi daripada susu sapi yang umumnya dikonsumsi. Mengutip laporan Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), berikut perbandingan nilai gizi 1 cangkir (237 ml) susu kambing dan susu sapi. Menurut penelitian, kontras antara susu kambing dan susu sapi terlihat jelas bahwa kandungan kalsium, magnesium protein, fosfor, magnesium, dan kalium susu kambing lebih besar daripada susu sapi. Selain itu, kelebihan susu kambing adalah karena bermanfaat untuk pencernaan manusia, lebih mudah dicerna dan mengandung prebiotik yang lebih tinggi sebagai sumber makanan bagi bakteri baik di dalam perut.

 

Sayangnya, susu kambing murni beserta turunannya, sulit didapatkan di pasaran. Ini karena kapasitas produksi mereka jauh lebih rendah daripada sapi perah. Oleh karena itu, tidak terlalu mengherankan jika susu kambing dijual dengan harga jual yang lebih tinggi dari susu sapi. Bagi Anda yang ingin mengganti konsumsi susu harian Anda dengan susu kambing, berikut adalah 10 manfaat utama susu kambing mentah dan olahan yang perlu Anda ketahui:

 

1. Sumber asupan protein tingg

Protein adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh kita dalam jumlah besar untuk membangun jaringan di dalam tubuh. menghasilkan antibodi dan merupakan sumber energi penting bersama dengan lemak dan karbohidrat.

 

Susu kambing mengandung protein lebih tinggi dari susu sapi dan susu nabati. Jumlah protein pada susu kambing adalah 9 gram sedangkan pada susu sapi adalah 8 gram. Jika susu nabati, seperti susu kedelai, mengandung 6 sampai 7 gram protein. susu almond adalah 0-1 gram protein. Selain itu susu kambing dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan protein harian dan dapat digunakan sebagai pengganti susu sapi. Tapi, jelas itu tidak sepenuhnya diisi dengan sumber protein lain yang meliputi daging, telur, bahkan kacang-kacangan.

 

2. Tingkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh Anda

Tahukah Anda bahwa susu kambing memiliki mineral penting untuk sistem kekebalan tubuh? Konsentrasi mineral selenium pada susu kambing memang terkenal cukup banyak jika dibandingkan dengan susu sapi.

 

Selenium merupakan salah satu komponen tubuh yang berperan sebagai antioksidan. Ini meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat membantu mengurangi peradangan. Oleh karena itu, pentingnya selenium bagi kesehatan tubuh tidak bisa diremehkan. Karena kandungan kaya selenium pada susu kambing akan meningkatkan kekebalan tubuh Anda terhadap segala kondisi cuaca dan tingkat olahraga harian, serta melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Dengan menambahkan segelas susu kambing ke dalam diet Anda akan meningkatkan kekuatan tubuh Anda dan menjadikannya lebih sehat.

 

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Banyak orang setelah minum susu mengeluh diare, kembung, dan mulas. Saat mereka sehat, tubuh menjadi lemah setelah mengonsumsi susu. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh mencerna laktosa yang terkandung dalam susu dengan baik karena alergi susu tertentu.

 

Susu kambing, meski mengandung laktosa dan tinggi protein, dipercaya lebih mudah dicerna sistem pencernaannya dibanding susu sapi. Selain itu, ada penelitian yang menunjukkan bahwa susu kambing memicu lebih sedikit reaksi terhadap alergen dibandingkan susu sapi. Namun, alangkah baiknya bagi Anda yang memiliki riwayat alergi berkonsultasi dengan ahli medis profesional untuk memastikan keamanannya. Kandungan prebiotik dalam susu kambing juga dapat menyuplai bakteri baik di dalam sistem pencernaan, sehingga kadarnya tetap konsisten atau bahkan bertambah untuk membantu metabolisme tubuh.

 

4. Mencegah pengeroposan tulang

Selain sebagai makanan kaya protein, alasan utama orang mengonsumsi susu adalah untuk memenuhi kebutuhan asupan kalsium dalam tubuh. Hal ini disebabkan peran penting kalsium dalam menjaga kesehatan tulang.

 

Seperti yang Anda ketahui dari tabel perbandingan nutrisi di atas 1 cangkir (237 mililiter) dari susu kambing mengandung 327 mg kalsium. Setinggi 51 mg lebih banyak dari kalsium yang ditemukan dalam susu sapi. Penambahan susu kambing dalam diet dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian untuk orang dewasa sekitar 1.000 mg/hari dan anak-anak yaitu sekitar 1.300 mg/hari. Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 di Rusia menyebutkan bahwa mereka menyediakan 400 ml susu kambing per Siang hari untuk orang berusia di atas 42 tahun diperkirakan berdampak pada metabolisme tulang dan mencegah osteoporosis bila dikombinasikan dengan terapi.

 

5. Meningkatkan kemungkinan penyakit jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit mematikan yang paling umum. Untuk meminimalisir risiko terkena penyakit jantung, ada banyak kebiasaan baik yang bisa Anda lakukan mulai dari berolahraga adan menggabungkan gaya hidup sehat termasuk menambahkan susu kambing ke dalam diet Anda untuk memastikan Anda sehat.

 

Susu kambing dikemas dengan asam lemak tak jenuh (tunggal maupun ganda) trigliserida rantai menengah (MCT) yang dapat mencegah berbagai bentuk dan jenis penyakit jantung. Selain itu kandungan magnesium pada susu kambing bermanfaat untuk menjaga detak jantung normal dan menghentikan pertumbuhan kadar kolesterol. Dengan cara ini, jantung menjadi lebih sehat.

 

6. Menjaga kesehatan gigi

Siapa yang tidak menginginkan gigi yang kuat dan sehat? Untuk mewujudkannya, Anda perlu memperhatikan asupan kalsium harian Anda. Meskipun penting untuk kesehatan tulang, kalsium dapat membantu pembentukan gigi yang kuat dan sehat.

 

Dari kalsium yang diserap tubuh kita, sebagian besar disimpan di gigi dan tulang. Kalsium ini digunakan untuk pembentukan jaringan gigi dan memastikan kesehatan gigi Anda. Jika tidak ingin gigi Anda rusak dan membusuk, maka perbanyaklah konsumsi minuman dan makanan yang tinggi kandungan kalsium. Susu kambing bisa menjadi pilihan sumber kalsium harian Anda. Kandungan kalsium pada susu kambing cukup untuk memenuhi 33% dari kebutuhan gizi harian yang dianjurkan. Ini lebih banyak dari susu sapi yang hanya 28%.

 

7. Menurunkan kadar kolesterol

Susu kambing mengandung asam linoleat yang bagus untuk menurunkan kadar kolesterol. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa minum susu kambing membantu mengurangi kolesterol di kantong empedu dan arteri. Artinya, baik mereka yang menderita kadar kolesterol tinggi maupun yang mempertahankan kadar kolesterol dapat memilih pilihan produk susu yang lebih sehat untuk dikonsumsi. Manfaat lain dari susu kambing berikut menjaga kadar kolesterol normal adalah pencegahan penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis) yang dapat menyebabkan stroke dan serangan jantung.

 

8. Kulit halus dan sehat.

Anda mungkin akrab dengan banyak produk perawatan kulit yang terbuat dari susu kambing yang meliputi sabun mandi, lulur, lotion dan banyak lagi. Susu kambing kaya akan asam amino, asam lemak, dan vitamin A yang dipercaya menawarkan nutrisi alami yang bermanfaat bagi kesehatan kulit.

 

Jika Anda mencari kulit mulus produk yang terbuat dari susu kambing bisa menjadi pilihan yang tepat. Tingkat pH susu kambing memiliki pH yang sama dengan kulit manusia, artinya tidak membahayakan kulit dan aman untuk orang yang memiliki kulit sensitif. Selain itu asam laktat yang terdapat pada susu kambing memberikan pelembab yang maksimal pada kulit sehingga sangat ideal bagi Anda yang memiliki masalah dengan kulit kering. Kandungan lainnya, seperti vitamin A dan asam lemak yang ada mengembalikan permukaan kulit dan mengangkat sel kulit mati.

 

9. Mengoptimalkan penyerapan nutrisi di dalam tubuh

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2002 mengungkapkan konsumsi susu kambing dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi dari makanan secara lebih optimal. Ini berbanding terbalik dengan jumlah susu sapi yang mengganggu penyerapan tembaga dan besi tubuh saat dikonsumsi bersamaan dengan makanan lain. Makan makanan yang dilengkapi dengan segelas susu kambing diyakini dapat membantu tubuh Anda menyerap setiap nutrisi tanpa membuangnya.

 

10. Anda akan tidur lebih nyenyak

Apakah Anda berjuang untuk tidur? Minum segelas susu kambing hangat sebelum memejamkan mata sebelum tidur. Kandungan asam amino tryptophan pada susu kambing membantu produksi serotonin, hormon yang diproduksi dalam tubuh. Hormon serotonin sangat penting untuk menjaga stabilitas mood sekaligus meningkatkan relaksasi. Ini juga bertanggung jawab untuk membantu produksi hormon melatonin yang juga dikenal sebagai hormon tidur. Minum satu gelas susu kambing sebelum tidur diyakini sebagian orang dapat membantu Anda tidur lebih cepat dan istirahat lebih nyaman.

 

Ini adalah fakta. manfaat susu kambing murni dan produk turunannya, karena kandungan nutrisi yang melimpah di dalamnya. Kualitas susu kambing yang lebih unggul dari susu sapi atau susu nabati telah dikonfirmasi oleh studi klinis. Diawali dengan tingginya kandungan sodium, protein, kalsium, magnesium, fosfor, dan potasium. Tidak ada yang bisa mengalahkan susu kambing. Oleh karena itu, tidak ada alasan untuk ragu menggunakan susu kambing untuk menambah kebutuhan gizi Anda di hari itu.

 

Banyaknya manfaat susu kambing murni sangat baik bagi Anda dan keluarga untuk menjaga kesehatan tubuh secara alami. Tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh tetapi juga mampu mengurangi berbagai jenis penyakit mematikan termasuk serangan jantung dan stroke. Selain menjaganya dari dalam, manfaat susu kambing murni juga Terlihat dari luar, gigi sehat dan kulit tampak bersih, lembap, dan kenyal . Ini juga meningkatkan penampilan Anda saat Anda melakukan tamasya. Meskipun menemukan susu kambing yang murni bukanlah tugas yang mudah Namun, ada beberapa peternakan andal yang memproduksi dan menjual susu beku, beku, dan botol, even susu kambing bubuk dengan harga bervariasi.

 

Harga susu kambing yang tersedia di pasaran sekitar Rp. 44.000-80.000 per 200 gram 100% susu kambing. Rp. 6.600 hingga 10.000 per 200ml untuk susu kambing beku atau kemasan botol. Jika melihat harga susu kambing dengan susu sapi, sebenarnya bisa lebih mahal. Namun jika mempertimbangkan kandungan gizi susu kambing yang juga lebih tinggi dibandingkan susu sapi atau produk olahan susu dari sayuran, maka harga yang ditawarkan sebanding dengan manfaat kesehatan yang ditawarkannya.

 

#susukambing #susu #kambing #susukambingmurni #susumurni #sususegar #manfaatsusukambing #waktu minum susu #obatsusukambing #efeksusukambing #susukambingsachet #khasiatsusukambing #susukambingterbaik #hargasusukambing

Comments

Popular posts from this blog

Terapkan 6 Teknik Rahasia Ini untuk Meningkatkan Harga Jam Tangan Fossil Pria

9 Cara Pencegahan Katarak

Inilah Proses Jual Rumah